Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Saus Romesco – Downshiftology

Oleh : JokerQQ

Saus romesco adalah saus kental Spanyol dari tomat hangus, paprika merah panggang, kacang panggang, dan bawang putih yang menambahkan rasa berasap yang nikmat untuk semua jenis makanan. Celupkan ke dalamnya, sebarkan, masak dengannya – sebut saja!

Semangkuk putih saus romesco di sebelah sepiring biskuit.

Apa itu saus Romesco?

Jika Anda belum pernah makan saus romesco sebelum Anda ingin menikmatinya. Anggap saja sebagai pesto versi Spanyol (dalam hal tekstur dan penggunaan) yang sangat kaya, berasap, dan dicampur menjadi konsistensi yang halus namun sedikit tebal. Ini adalah bahan serbaguna dalam masakan Spanyol, dan lebih khusus lagi, Katalonia memasak.

Namun, saya selalu ingin menekankan bahwa mungkin ada beberapa variasi pada resep “tradisional atau otentik”. Beberapa mungkin menggunakan kacang pinus, roti berkulit (jika Anda tidak bebas gluten), atau tomat. Tapi inti dari saus ini adalah kombinasi dari tomat panggang, paprika merah panggang, kacang-kacangan, paprika, bawang putih, dan beberapa bahan pokok pantry lainnya.

Bahan untuk saus romesco di atas meja

Bahan Saus Romesco

Seperti kebanyakan saus, mereka adalah saus buatan sendiri yang terbaik. Dan yang satu ini dibuat sangat mudah hanya dengan beberapa staples dapur. Inilah yang Anda perlukan.

  • Kacang hazel: Hazelnut bisa menjadi pilihan, tetapi resep romesco yang lebih tradisional menyertakannya karena rasanya yang pedas.
  • Almond irisan: Saya menggunakan irisan almond karena kulitnya sudah terlepas. Tapi Anda juga bisa menggunakan kacang almond yang sudah direbus.
  • Tomat Panggang Api: Ambil sekaleng panggang api tomat. Percayalah, itu akan membuat semua perbedaan dalam hal rasa.
  • Paprika merah panggang: Untuk memudahkan bahan-bahannya, saya menggunakan cabai merah yang disangrai. Tetapi jika Anda punya waktu, memanggang paprika merah Anda sendiri akan sama lezatnya!
  • Bumbu: Paprika asap, garam, dan siung bawang putih segar menambah jumlah kehangatan dan kedalaman rasa yang sempurna.
  • Cuka Anggur Merah: Ini adalah kunci untuk sedikit ketajaman. Jika Anda tidak memiliki cuka anggur merah, Anda juga bisa menggunakan cuka sherry.
  • Minyak Zaitun Extra Virgin: Bahan yang diperlukan untuk menghaluskan saus dan memberikan rasa yang kaya.

Temukan resep yang dapat dicetak dengan ukuran di bawah ini.

Mari Membuat Romesco Spanyol!

Biasanya, saus romesco dibuat dengan lesung dan alu. Tapi mari kita menjadi nyata, itu membutuhkan banyak pekerjaan. Jadi, mari kita sederhanakan prosesnya dengan menggunakan food processor atau blender bertenaga tinggi sebagai gantinya.

  • Panggang kacang hazelnut. Masukkan ke dalam wajan di atas api sedang dan panggang selama 5 hingga 8 menit. Pastikan untuk mengawasi mereka karena mereka dapat dengan mudah terbakar!
  • Panggang almond. Biarkan hazelnut dingin, lalu panggang almond selama 3 hingga 4 menit hingga berwarna keemasan.
  • Buang kulit kemiri. Setelah hazelnut dingin saat disentuh, gunakan handuk dapur untuk menggosok kulitnya. Atau, Anda bisa menggosoknya dengan tangan Anda.
  • Campur! Tambahkan tomat, paprika, bumbu, dan bahan lainnya ke dalam food processor dan aduk hingga kental dan kental.

Beberapa Pertanyaan Terjawab

  • Bisakah saya memanggang paprika sendiri? Sangat! Satu kaleng paprika merah setara dengan sekitar 2 paprika merah. Dan jika Anda memerlukan panduan untuk memanggangnya, Anda dapat merujuk pada resep sup cabai merah dan tomat panggang saya.
  • Apakah ada cara untuk membuat ini bebas kacang? Sementara kacang sangat penting untuk romesco yang lebih tradisional, masih ada cara untuk membuat saus ini tanpanya! Pepitas atau biji labu adalah pengganti yang bagus.
  • Ini bisa buat saus creamy ga? Saus Romesco dimaksudkan untuk berada di sisi yang lebih tebal dan lebih berpasir. Tapi Anda bisa menggunakan blender, bukan food processor, untuk memblender hingga benar-benar halus. Perhatikan bahwa Anda mungkin perlu menggandakan resep sehingga Anda memiliki cukup bahan untuk dicampur dengan benar.

Cara Lezat Menggunakan Saus Romesco

Setelah membuat batch saus romesco ini, saya benar-benar menaruhnya di segala sesuatu dan apa saja! Berikut adalah beberapa cara untuk berkreasi dengannya.

  • Sajikan sebagai saus berasap. Jika Anda memiliki tamu yang datang, ini terlihat dan terasa luar biasa sebagai bagian dari crudité atau piring makanan pembuka apa pun.
  • Masak dengan daging dan seafood. Ini adalah salah satu saus terbaik untuk melapisi ikan panggang (seperti cod atau salmon), daging babi, atau ayam. Cukup masak protein Anda terlebih dahulu, angkat, hangatkan saus, lalu tambahkan kembali protein agar mendidih bersama.
  • Gunakan sebagai pengental sup. Jika Anda membuat sup krim (terutama yang berbahan dasar tomat), aduk saus romesco ke dalam campuran. Ini akan membuatnya ekstra krim sambil menambahkan tepi rasa berasap.
Mencelupkan ke dalam semangkuk saus romesco dengan kerupuk

Cara Menyimpan

Simpan saus dalam wadah kedap udara di lemari es untuk sampai dua minggu. Jika Anda masih punya banyak sisa, bekukan untuk hingga 3 bulan.

Jenis pro: bekukan sebagian kecil saus dalam nampan es batu (atau yang serupa), sehingga Anda dapat dengan mudah mencairkan sedikit dan menambahkan makanan sesuai keinginan.

Resep Saus Serbaguna Lainnya

Mencari lebih banyak cara untuk mendandani makan malam sederhana? Anda akan menyukai saus yang akan membawa Anda dari pantai Mediterania ke kota Meksiko.

Jika Anda membuat saus romesco ini, beri tahu saya bagaimana hasilnya! Saya ingin mendengar apa yang Anda pikirkan di komentar di bawah.

Saus Romesco dalam mangkuk di sebelah peterseli

saus romesco

Tambahkan cita rasa Spanyol yang berasap dan nikmat ke semua makanan Anda dengan saus Romesco ini! Ini super lembut, sangat tebal, dan sangat serbaguna.

  • Dalam panci kecil di atas api sedang, panggang hazelnut selama 5 sampai 8 menit, aduk sesekali. Kemudian pindahkan ke piring agar dingin.

  • Sementara hazelnut mendingin, panggang almond selama 3 sampai 4 menit di wajan yang sama, aduk terus, sampai agak keemasan dan harum. Setelah hazelnut dingin saat disentuh, gosok dengan tangan atau handuk dapur untuk menghilangkan kulitnya.

  • Dalam blender atau pengolah makanan bertenaga tinggi, tambahkan kacang, tomat, paprika merah, bawang putih, cuka, paprika, garam, dan minyak, lalu blender hingga halus.

  • Hiasi dengan kacang cincang, peterseli segar, dan sajikan.

  • Saya menggunakan irisan almond karena kulitnya sudah dibuang dan mudah ditemukan, tetapi Anda juga bisa menggantinya dengan almond yang sudah direbus.

Kalori: 198kkal, Karbohidrat: 4G, Protein: 4G, Gemuk: 20G, Lemak jenuh: 2G, Lemak tak jenuh ganda: 3G, Lemak tak jenuh tunggal: 14G, Lemak trans: 1G, Sodium: 391mg, Kalium: 147mg, Serat: 2G, Gula: 1G, Vitamin A: 168IU, Vitamin C: 1mg, Kalsium: 39mg, Besi: 1mg

©Perangkat bawah. Konten dan foto dilindungi hak cipta. Berbagi resep ini dianjurkan dan dihargai. Dilarang keras menyalin dan/atau menempelkan resep lengkap ke media sosial apa pun.

Sumber :
MakmurQQ
MurniQQ
Itudomino

Leave a Reply