Loading…

READY TO ROCK?

Click the button below to start exploring our website and learn more about our awesome company
Start exploring

Kaldu Ayam Mudah – Rasa Lebih Baik Dari Awal

Oleh : MeteorQQ

Tutorial langkah demi langkah yang mudah untuk cara membuatnya Kaldu ayam di atas kompor atau di Panci Instan. Membuat Kaldu Ayam buatan sendiri adalah pintu gerbang untuk membawa resep berbasis kaldu ke tingkat berikutnya; rasanya tidak ada bandingannya dan Anda tidak akan pernah membeli yang dibeli di toko lagi!

Mangkuk dengan kaldu ayam buatan sendiri di dalamnya.

Mengapa saya membuat stok saya sendiri:

  • Sehat dan beraroma: Mendidih tulang untuk membuat kaldu memiliki kedalaman rasa tingkat berikutnya yang tidak bisa Anda dapatkan dari kaldu ayam atau kaldu yang dibeli di toko dan dibutuhkan resep apa pun ke tingkat berikutnya! Juga, saya suka mengetahui dan mengendalikan persis apa yang ada di stok saya.
  • Mudah: Saya mengambil ayam rotisserie dari Costco seharga $ 5 dan merasa senang bahwa saya dapat menggunakan dagingnya dalam beberapa resep berbeda, dan alih-alih membuang bangkainya, saya menggunakannya untuk membuat kaldu buatan sendiri yang sehat dan beraroma!

Perbedaan Kaldu Ayam dan Kaldu Ayam:

Perbedaan terbesar antara keduanya adalah kaldu ayam dibuat dari rebusan daging dan sayuran, dan kaldu ayam dibuat dari rebusan tulang, yang menghilangkan rasa ekstra dan kolagen dari tulang (itulah sebabnya kaldu memiliki tekstur seperti jello saat didinginkan).

Anda dapat menggunakan kaldu dan kaldu secara bergantian di sebagian besar resep, tetapi kaldu ayam memiliki kedalaman rasa yang lebih kaya dan sangat disukai untuk resep yang “bintangnya”, seperti dalam sup mie ayam. Menurut saya, membuat kaldu ayam dari nol itu sangat worth it!

Cara membuat Kaldu Ayam:

Hapus Daging dari ayam rotisserie. Tempatkan daging dalam wadah tertutup di lemari es untuk ditambahkan ke sup nanti, atau bekukan daging ayam hingga 3 bulan.

Tambahkan sisa tulang dan kulit dari ayam rotisserie ke panci besar. Tambahkan wortel, seledri, bawang bombay, daun salam, merica, rosemary, thyme, dan air.

Tulang ayam, wortel, seledri, bawang merah dan rempah-rempah dalam panci dengan air yang ditambahkan.

Rebus campuran hingga mendidih, menghilangkan busa yang naik ke atas. Kurangi panas dan tutup. Didihkan dengan api kecil selama minimal 2 jam, atau hingga 24 jam, untuk rasa yang lebih kaya.

Panci penuh dengan tulang ayam, sayuran, dan rempah-rempah yang dimasak bersama untuk membuat kaldu ayam buatan sendiri.

Tekanan kaldu melalui saringan mesh halus, buang tulang, sayuran, dan bumbu sehingga hanya tersisa kaldu yang bening dan halus. Campurkan kaldu ayam.

Bahan untuk kaldu ayam disaring ke dalam mangkuk.

Toko dalam lemari es selama 3-4 hari atau dibekukan hingga 3 bulan. Gunakan untuk membuat sup mie ayam buatan sendiri!

Petunjuk Penyimpanan dan Pembekuan:

Menyimpan: Dinginkan stok untuk digunakan dalam 3-4 hari. (Perhatikan bahwa itu akan mengambil tekstur seperti gelatin di lemari es, tetapi akan dicairkan setelah dihangatkan lagi). Setelah dingin, singkirkan semua lemak yang naik ke permukaan.

Membekukan: Ukur stok dalam kantong yang aman untuk freezer dalam kelompok masing-masing dua cangkir. Dengan cara ini, ketika Anda menarik satu, Anda tahu persis ada 2 cangkir kaldu ayam buatan sendiri!

Sendok penuh kaldu ayam buatan sendiri.

Kaldu Ayam Pot Instan:

Masukkan tulang dan kulit ayam, wortel, seledri, bawang bombay, daun salam, merica, rosemary, thyme, dan air ke dalam Instant Pot. Masak dengan tekanan tinggi selama 30 menit. Biarkan tekanan untuk melepaskan secara alami.

Saring kaldu melalui saringan halus, buang tulang, sayuran, dan bumbu sehingga Anda hanya memiliki kaldu yang jernih dan halus. Campurkan kaldu ayam. Simpan di lemari es selama 3-4 hari atau bekukan hingga 3 bulan.

Resep dengan Kaldu Ayam:

Ikuti saya untuk lebih banyak resep hebat

resep

  • Tempatkan ayam rotisserie, sayuran, rempah-rempah dan air ke dalam panci sup besar.

  • Didihkan perlahan dengan api sedang. Buang busa yang muncul ke permukaan.

  • Kecilkan api, tutup dan didihkan dengan api kecil selama minimal 2 jam atau lebih.

  • Angkat dari api dan biarkan dingin.

  • Saring kaldu melalui saringan saringan halus, buang semua sayuran dan bumbu sehingga hanya tersisa kaldu. Bumbui dengan kaldu ayam pasta, secukupnya.

  • Simpan di lemari es hingga 3-4 hari. Singkirkan lemak yang naik ke atas. Jika tidak digunakan dalam beberapa hari, bekukan hingga 3 bulan.

Menghasilkan sekitar 8 cangkir stok. Lebih baik dari Ayam Kaldu*: Saya sangat menyukai barang ini dan selalu menggunakannya untuk meningkatkan rasa stok saya. Anda dapat menghilangkannya, jika Anda mau. Menyimpan Instruksi: Dinginkan stok untuk digunakan dalam 3-4 hari. (Perhatikan bahwa itu akan mengambil tekstur seperti gelatin di lemari es, tetapi akan dicairkan setelah dihangatkan lagi). Setelah dingin, singkirkan semua lemak yang naik ke permukaan. Instruksi pembekuan: Ukur stok dalam kantong yang aman untuk freezer dalam kelompok masing-masing dua cangkir. Dengan cara ini, ketika Anda menarik satu, Anda tahu persis ada 2 cangkir kaldu ayam buatan sendiri! Kaldu Ayam Pot Instan: Masukkan tulang dan kulit ayam, wortel, seledri, bawang bombay, daun salam, merica, rosemary, thyme, dan air ke dalam Instant Pot. Masak dengan tekanan tinggi selama 30 menit. Biarkan tekanan keluar secara alami, lalu saring dan buang tulang dan sayuran. Campurkan kaldu ayam.

Kalori: 178kkalKarbohidrat: 41GProtein: 5GGemuk: 1GSodium: 234mgKalium: 1052mgSerat: 10GGula: 16GVitamin A: 20795IUVitamin C: 26mgKalsium: 212mgBesi: 2.4mg

Apakah Anda Membuat Resep Ini?

Tandai @TastesBetterFromScratch di Instagram dengan #TastesBetterFromScratch!

Resep ini awalnya saya bagikan April 2019. Update September 2021.


Sumber :
LangitQQ
RajaQQ
DewaQQ

Leave a Reply